Universitas Serang Raya (UNSERA) menyelenggarakan Hospitality Training dengan tema “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pegawai UNSERA
Serang, 19 Agustus 2025 – Universitas Serang Raya (UNSERA) menyelenggarakan Hospitality Training dengan tema “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pegawai UNSERA” yang berlangsung di Aula Lantai 6 Gedung A UNSERA. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas layanan pegawai melalui pendekatan SERVQUAL, Profil Sukses (P3K), 7C, dan 3R.
Dalam pemaparan materinya, Bilal Dwi Nugraha, Founder PT. Bina Daya Nugraha, menekankan pentingnya penerapan lima aspek utama SERVQUAL, yaitu:
- Tangibles – perbaikan fasilitas, sarana-prasarana, dan penampilan pegawai.
- Reliability – konsistensi dalam layanan akademik.
- Responsiveness – kecepatan dan ketanggapan melayani mahasiswa, dosen, maupun tamu.
- Assurance – pengetahuan, sikap, dan rasa percaya diri staf dalam memberikan layanan.
- Empathy – perhatian personal kepada mahasiswa dan stakeholder.
Selain itu, narasumber juga menegaskan pentingnya Profil Sukses (P3K) yang meliputi atribut pribadi, pengalaman, pengetahuan, serta kemampuan/kompetensi. Pegawai juga dibekali prinsip komunikasi 7C (Clear, Tidak bertele-tele, Konkret, Benar, Logis, Komplit, Sopan) serta prinsip 3R (Respect, Re-connect the feelings, Respond appropriately) sebagai pondasi interaksi kerja.
REKTOR Universitaas Serang Raya Assoc. Prof. Dr. H. Abdul Malik, M. Si. dalam sambutannya menyampaikan “UNSERA berkomitmen memberikan layanan akademik dan administrasi terbaik. Melalui pelatihan ini, kita ingin memastikan bahwa setiap pegawai mampu melayani dengan profesional, penuh empati, dan berorientasi pada mutu. Inilah langkah nyata UNSERA untuk terus berkembang dan menjadi perguruan tinggi unggulan di Banten.”
Kegiatan ini menjadi bagian dari strategi UNSERA dalam memperkuat budaya kerja profesional dan berorientasi pada kualitas layanan.
“Bersama UNSERA, kita tidak hanya belajar – tapi juga membangun masa depan yang lebih baik. UNSERA, Kampusnya Generasi Tangguh!”